Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Graha Fitness Di Kota Batam

Penulis

  • Brigida Endah Nuraeni

DOI:

https://doi.org/10.62820/trt.v6i2.100

Kata Kunci:

promosi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Graha Fitness di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden 100 responden. Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan kuesioner. Hasil penelitian dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa: (1) Varibel Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 dan nilai thitung 1,678 > ttabel 1,660. (2) Variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi 0,014 <   0,05 dan nilai thitung 1,808 > ttabel 1,660. (3) Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan dengan nilai signifikansi 0,000 < alpha 0,05 dan nilai thitung 3,653 > ttabel 1,660. Dan uji f mempunyai nilai 9,524 > 0,309 diketahui bahwa promosi, harga, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan graha fitness dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05

Kata Kunci          :  Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Duli. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Miguna Astuti. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Firdaus, M. . (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Jurnal:

Aisyah, S. (2022). Analisis Peranan Auditor Internal terhadap Fungsi Pemasaran (Promosi) pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2)

Amalia, R., Sangga, U., & Ypkp, B. (n.d.). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Dealer Yamaha Deta Group Cabang Merdeka Bandung.

Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK” Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2)

Ansor, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pendidikan Dan Promosi Terhadap Perolehan Jumlah Siswa Pada Sekolah Menengah Atas Swasta Maarif Kota Cilegon Banten. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02)

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01)

Aulijaa FR, A., M Sasmita, E., & Sari, B. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome PT. Telkom Indonesia, Jakarta Timur. Jurnal IKRAITH-EKONOMIKA, 3(1)

Bahar, A., & Sjahruddin, H. (2018). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang.

Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 17(02)

Destamar, D. L., Aryani, L., & Pusporini, P. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Gojek Fitur GoFood. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1)

Ekawati, D. L. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Citra Lembaga Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Siswa Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Di Palembang. Jurnal Adminika, 5(2)

Evitha, Y., & HS, F. M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Terhadap Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi di PT. Omron Manufacturing Of Indonesia. Jurnal Logistik Indonesia, 3(2)

Fadli, M. D., & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan E-commerce Shopee. eProceedings of Management, 8(5).

Gery, M. H. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan promosi terhadap kepuasan konsumen the aliga hotel padang. Menara ilmu, 12(9).

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1)

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada cafe ko. we. cok di solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1)

Wongso, M. Y. S. Bin, & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Burger King di Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7).

Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2)

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2023

Cara Mengutip

(1)
Nuraeni, B. E. Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Graha Fitness Di Kota Batam. TJEM 2023, 6, 153-164.