Pengaruh Promosi, Citra Sekolah dan Kualitas Pelayanan Terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru SD Yos Sudarso 1 di Kota Batam

Penulis

  • Friska April Yanti STIE Bentara Persada
  • Agus Sekti Susila Atmojo STIE Bentara Persada

DOI:

https://doi.org/10.62820/trt.v6i2.106

Kata Kunci:

Promosi, Citra Sekolah, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, citra sekolah, dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap penerimaan peserta didik baru SD Yos Sudarso 1 di Kota Batam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 102 orang tua murid dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel promosi memiliki thitung 3,056 > ttabel 1,661 dengan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05 maka promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan peserta didik baru SD Yos Sudarso 1 di Kota Batam. Variabel citra sekolah memiliki thitung 0,400 < ttabel 1,661 dengan tingkat signifikansi 0,690 > 0,05 maka citra sekolah tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penerimaan peserta didik baru SD Yos Sudarso 1 di Kota Batam. Variabel kualitas pelayanan memiliki thitung 3,078 > ttabel 1,661 dan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05 maka kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan peserta didik baru SD Yos Sudarso 1 di Kota Batam. Dari uji F diketahui bahwa Fhitung promosi, citra sekolah, dan kualitas pelayanan adalah 14,493 > Ftabel 2,70 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan variabel promosi, citra sekolah, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan peserta didik baru SD Yos Sudarso 1 di Kota Batam.

Referensi

Alimin, E., Eddy, Afriani, D., Agusfianto, P. N., Octavia, F. Y., Mulyianingsih, T., Satriawan, Yulianah, S., Yusuf, M., Irwansyah, R., Moonti, A., Sudarni Clara, A. A., Endrawati Fitria, B., Suhadarliyah, Armiani, Andayani Umiatun, S., & Tabun Albin, M. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern) (A. Bairizky (ed.)). Seval Literindo Kreasi (Penerbit SEVAL).

Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian di PT Indomarco. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02).

Dini, B. A., & Agmawarnida. (2018). Implementasi Waterfall Method Pada Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web Dengan Dukungan SMS Gateway Di SMPIT INSAN KAMIL. Jurnal Informatika SIMANTIK, 3(2).

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. CV.BUDI UTAMA.

Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1).

Haryanti, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, dan Emosional Terhadap Kepuasan Peserta Didik Kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara.

Iswandi, F. N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, Dan Shariah Compliance Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta).

Kasinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat Kasinem. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(04).

Krisbiyanto, A., & Nadhifah, I. (2022). Pengaruh Lokasi dan Citra Sekolah terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di SMK Tritech Informatika Medan. Journal of Teaching and Learning, 1(1).

Lathipah. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Jasa Pendidikan Terhadap Minat Masyarakat Memondokkan Anaknya.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2).

Mutmainnah. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 10(2).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi Sari, R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta.

Sari, N. Y., & Wisroni. (2020). The Urgency of Parental Guidance for Youth Education in the Belajar Dari Rumah (BDR) Era. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3).

Septian, D. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kepri Mall.

Trimulyani, S., & Herlina, N. (2022). Pengaruh Iklan, Diskon Dan Brand Ambassador Terhadap Pembelian Impulsif Pada Lazada Di Masa Pandemi Covid-19. Liaison Journal of Best, 1(2).

Wulandari, D., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa.

Yustika, S. A. (2022). Pengaruh Kredibilitas, Keahlian, Kepribadian Selebriti, Persepsi Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Produk MS GLOW di Pacitan. Artikel Ilmiah, 8(5).

Zahra, S. (2022). Berpikir Kreatif dan Menerapkan Manajemen Pemasaran Bank Syariah.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2023

Cara Mengutip

(1)
April Yanti, F.; Atmojo, A. S. S. Pengaruh Promosi, Citra Sekolah dan Kualitas Pelayanan Terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru SD Yos Sudarso 1 di Kota Batam. TJEM 2023, 6, 103-112.