Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di CV Tri Jaya Mobil Tiban Batam
DOI:
https://doi.org/10.62820/trt.v6i2.110Kata Kunci:
Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas PelangganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada CV Tri Jaya Mobil Tiban Batam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 responden dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil pengolahan data pada variabel harga menemukan bahwa thitung sebesar 3,288 < ttabel sebesar 1,660 dengan tingkat signifikan 0,001 > 0,05, maka harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pada variabel kualitas produk menghasilkan nilai thitung sebesar 5,728 > ttabel sebsar 1,660 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pada variabel kualitas pelayanan menghasilkan nilai thitung sebesar 4,252 > ttabel 1,660 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji F diketahui bahwa nilai fhitung harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan adalah sebesar 208,530 > ftabel 2,69 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa variabel harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan CV Tri Jaya Mobil Tiban Batam.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan
Referensi
Ananda, R., Lie, D., Butarbutar, M., & Inrawan, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Bengkel Sisam Pematangsiantar. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), https://doi.org/10.37403/sultanist.
Badu, N, M, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen pada Global Motor Gorontalo. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah 4(1),_37–52._http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/7673%0Ahttp://etd.iain_padangsidimpuan.ac.id/7673/1/1740200108.pdf
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penukisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. CV.BUDI UTAMA.
Hidayat, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Survei Pada Pelanggan Bengkel AHASS 00129 SS Tongan Kota Malang. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/15527/1/15510087.pdf
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/PEMASARAN%20DAN%20KEPUASAN%20PELANGGAN.pdf
Nur’aeni & Supartono. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Desain_Produk_terhadap_Keputusan_Pembelian_Sepeda_Motor_Honda_Beat.Dimensi_11(1),_Https://Www.Journal.Unrika.Ac.Id/Index.Php/Jurnaldms
Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. In Management_Pemasaran._Penerbit_Sukarno_Pressindo. https://www.researchgate.net/publication/341493206_Manajemen_Pemasaran
Pravitasari, F, E., Khuluq, H. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Dealer Honda Daya Motor Tuban. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 6(2) https://www.neliti.com/id/publications/422305/analisis-pengaruh-kualitas-produk-harga-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan
Sinambela, L, P., & Sinambela, S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Teoritik dan Praktik. PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV.Alfabeta.
Sukanti. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Ud Sumber Jaya Motor Denpasar Bali. Jurnal Ekonomi Dan_Pariwisata,_16(2),https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/1503%0Ahttps://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/viewFile/1503/1285
Sukmawati. (2023). Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Ganesha Motor Sambirejo. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.http://eprints.iain-surakarta.ac.id/6272/1/A.%20Munaqasah_Fahmi_Ganesha%20Full.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TRACTARE
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.