Peluang Edupreneurship Bagi Kesejahteraan Guru Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.62820/trt.v6i2.113Kata Kunci:
Edupreneurship, Kewirausahaan, Pendidikan, GuruAbstrak
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa guru merupakan roda penggerak sistem pendidikan di Indonesia. Namun kesejahteraan guru masih tergolong sangat kecil. Beban kerja yang berat tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima oleh setiap guru. Alhasil guru harus mampu melihat peluang untuk meningkatkan kesejahteraannya. Konsep edupreneurship ,menggabungkan elemen kewirausahaan (entrepreneurship) kedalam unsur pendidikan (education), menjadi salah satu hal yang layak untuk ditekuni oleh guru-guru Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat peluang edupreneurship dalam meningkatkan kesejahteraan guru. Metode penelitian yang dipakai adalah studi literatur pada 14 penelitian terbaru mulai tahun 2018 sampai dengan 2023. Dan penelitian ini menemukan hasil bahwa konsep edupreneurship memiliki peluang yang besar dan positif untuk meningkatkan kesejahteraan guru di Indonesia.
Referensi
Afifaandsari, T. & Subiyantoro. (2022). Pengembangan Jiwa Edupreneurship Melalui Kepemimpinan Yang Demokratis di Lembaga Pendidikan. Jurnal Edusciences (JES). 9(1) ; 279-287
Anggraeni, D., Sudartimin & Suharto. (2019). Unit Produksi dan Jasa Sebagai Edupreneurship. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 4 (7) : 944 – 950
Arifin, M.H. & Herlambang,. Y.T. (2023). Strategi Edupreneur Bagi Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha. Communnity Development Journal. 4 (1) : 213 – 216
Asturiyah & Purnamasari, I. (2023). Edupreneurship : Mini Project Herbal Aloe Vera di PAUD. Pena Edukasia. 2 (1) : 1-4
Hardani et al,. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Grup
Kuat, T & Santosa, B. (2020). Edupreneurship Through Teaching Factory In Vocational School Of Hospitality Expertise. International Journal of Scientific & Technology Research. 9 (4) : 3115-3118
Mangundjaya, W.L. & Wicaksana, S.A. (2022). Edupreneur : Developing Boardgame As a product of University Entrepreneurial Activities. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development). 5 (2) : 303-311
Maruntelu, C.L. (2023). The Edupreneur : Empowering Education through Entrepreneurial Innovation. “Ovidius” University Annals, Economic Sciences Series. XXIII(1) : 432-437
McMullan, W.ED. & Long, W.A. (1987). Entrepreneurship Education In The Nineties. Journal of Business Venturing. 2 : 261-275
Nurcahaya, Y.A. & Khabibah, N.A. (2019). Analysis of The Effect of Edupreneurship on Entrepreneurial Interest and Competitiveness of University Graduates. Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology : 755 – 766
Nurjaya et al,. (2020). Edupreneurship, A Management In Shaping The Nation’s Character. IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy). 8(3) : 198-206
Purnamasari, I. et al,. (2022). Edupreneurship Berwawasan Industri Dan Pariwisata Dalam Mendukung Tata Sosial Masyarakat Marjinal. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan. 12(2) : 249-262
Purwanti, T. (2022). Miris, Guru Jadi Profesi Terbanyak Terjerat Pinjol Ilegal. [Daring], Tersedia pada: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20221122193306-37-390322/miris-guru-jadi-profesi-terbanyak-terjerat-pinjol-ilegal. [Diakses 12 Januari 2024]
Putri, A.A. & Subiyantoro. (2022). Nilai-nilai Edupreneurship pada Fun Learning Dalam Membangung Pendidikan Islam. Jurnal Eduscience (JES). 9(2) : 418 – 427
Ramadhan, A. & Pratama, A.M. (2023). Jokowi : Saya Kaget Tingkat Stres Guru Lebih Tinggi dari Pekerjaan Lain . [Daring], Tersedia pada : Jokowi: Saya Kaget Tingkat Stres Guru Lebih Tinggi dari Pekerjaan Lain (kompas.com). [Diakses 12 Januari 2024]
Satterwihite, S. (2018). Edupreneur Leadership : An Online Course Designed To Aid Education Entrepreneurs In Launching New Ventures. (Disertasi Doktor : Universitas Columbia). https://academiccommons.columbia.edu/doi/10.7916/D85B1F0S
Sriyanti & Zanki, A.S. (2021). Best Practice Edupreneurship Berbasis Pembelajaran Sentra Berkebun di PAUD Darusallam Bojonegoro. Al Hikmah : Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education. 5(1) : 51-62
Sutopo, A.H. (2021). Literature Review dengan NVIVO. Banten : TOPAZART.
Thayyibi, M.I. & Subiyantoro. (2022). Konsep Edupreneurship Dan Urgensinya Bagi Lulusan Perguruan Tinggi. Jurnal Eduscience (JES). 9(1) : 77-91
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TRACTARE
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.