Pengaruh Kualitas Pelayanan, Budaya Organisasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di SD Yos Sudarso III Batam
DOI:
https://doi.org/10.62820/trt.v6i2.129Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Orang TuaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan orang tua murid di SD Yos Sudarso III Batam baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif, populasi pada penelitian ini 352 orang. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 188 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan disebarkan melalui angket. Analisis data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai thitung 1,803 > ttabel 1,653 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, variabel budaya organisasi mempunyai thitung 4,755 > ttabel 1,653 dan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima variabel lingkungan kerja mempunyai thitung 3,470 > ttabel 1,653 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ketiga variabel yaitu kualitas pelayanan, budaya organisasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama mempunyai Fhitung sebesar 13,810 > Ftabel 2,65 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan, budaya organisasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan orang tua murid SD Yos Sudarso III Batam. Hubungan antar variabel dapat dituliskan dengan persamaan Y= 28.496 + 0,072 X1+ 0,259X2 + 0,023X3. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 72,4% sedangkan sisanya 27,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti.
Referensi
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS (W. Imaniar (ed.); 1st ed.). V. Wiratma Sujarweni. (2019). M etodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustakabarupress.
Abdullah, M., Mulyadi, H., Akbar Basudani, W., & Wiharso, G. (2022). Strategi the Body Shop Indonesia Dalam Membentuk Loyalitas Konsumen. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7 (2).
Arianto Nurmin. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan. 21(8).
Hendra, H. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3 (1).
Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(1).
Manik, S., & Syafrina, N. (2016). Keywords : Work discipline, organizational culture, employee performance Natasya Primananda, 2014 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang Pengaruh Disiplin Kerja, Budaya Organisasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. 1, 32.
Suharta, T. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8 (2).
Daulay, M. I. (2018). Kepuasan Orang Tua Terhadap Layanan Pendidikan Lembaga Paud Di Tk Qurrota Ayun Pekanbaru. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, Bisnis Dan Manajemen, 1 (2).
Irawan, A., & Komara, E. F. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Jurnal Inspirasi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TRACTARE
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.