PENGARUH MOTIVASI, KEDISIPLINAN DAN METODE BELAJAR TERHADAP PRESTASI ANAK DI TK KUNTUM BATAM LITTLE ANGEL
DOI:
https://doi.org/10.62820/trt.v7i1.146Kata Kunci:
Motivasi, kedisiplinan, metode Belajar, prestasi AnakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kedisiplinan dan metode belajar terhadap prestasi anak di TK Kuntum Batam Little Angel. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa di TK Kuntum Batam Little Angel dengan jumlah 45 orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, maka jumlah sampel yang digunakan sebanyak 45 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dengan studi kepustakaan dan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa variabel motivasi nilai t terhitung sebesar 0,082 dengan tingkat signifikasi 0,935> 0,05, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap prestasi anak. variabel kedisiplinan nilai t hitung sebesar 3,266 dengan tingkat signifikasi 0,002< 0,05, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan terhadap prestasi anak. variabel metode belajar nilai t hitung sebesar 1,271 dengan tingkat signifikasi 0,211> 0,05, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan metode belajar terhadap prestasi anak. Dari uji F diketahui menunjukkan bahwa nilai F hitung untuk motivasi, kedisiplinan dan metode belajar adalah sebesar 79,463 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000. Nilai signifikasi lebih kecil dari α = 0,05 menunjukan bahwa motivasi, kedisiplinan dan metode belajar secara simultan berpengaruh terhadap prestasi anak di TK Kuntum Batam Little Angel.
Referensi
Akbar, E. M. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. JURNAL OBSESI : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, Vol 2 , 4.
A. W. (2020). Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang. Penggunaan Reward Pembiasaan Disiplin Anak Usia Dini, Volume 4 , 2.
Atikah , B. (2019). Hubungan Reward Dengan Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Teratai Umbulharjo Yogyakarta. Reward, Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun, 2.
Calista. (2019). Hubungan Pemebrian Reward Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambbusai, 13.
Erni Erawati. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Penggunaan Reinforceiment Secara Naratif Pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kepahiang . Jurnal Ilmiah Potensia, 12.
Euis Imas Daeni. (2020). Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Di Kelompok B2 TK Darussalam. Education , 501.
Glori, R. M. (2019). Motivasi Belajar Disiplin Belajar Prestasi Belajar. Pendidikan Ekonomi, 23.
Ginting . (2020). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran . Bandung, Humaniora: Prenada Media Group.
Hendri, E. M. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Untuk Anak Usia Sini. Jurnal PAUD Agapedia, 40.
Hendrawan, S. J. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan, Kewirausahaan, Terhadap Minat Berwirausahaan (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol. 02, 299.
Hurlock. (2020). Tinjauan Komposisi Warna Ruang Kelas. Jurnal Seni Rupa dan Desain, 123.
Iis, E., & Totok, S. (2019). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Learning, Interactive Media, Server Administration, 206.
Ika, W. R. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar . Interest Learning, Learning Achievement., 291.
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. JSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 5(1), 21.
Iswantiningtyas, V. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Lukisan Lilin Terhadap Kedisiplinan Anak. jurnal care Children Advisory Research and Education, 15.
J.D, P. (2016). School Improvement as Localized Policy. Jurnal Dinamika Pendidikan, 80.
Jpau Dini. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Anak Melalui Token Ekonomi. Student. uny. ac.id, 11-12.
Kalsum, M. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 30.
Komariyah. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Produktivitas Kerja Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal (Vol. 9 ). Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Kristiawan, S. L. (2017). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Kusuma, D. A., & Rachamawati. (2016). Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau Dari Dukungan Orang Tua Dan Motivasi Belajar. Tes NST, Dukungan Orangtua, Motivasi Belajar, Vol 20, 22-23.
Lestariningrum, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Care (Children Advisory Research And Education), 53.
Lia, S. R., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri, 140.
Luh, S. P., & dkk. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 202.
Lukman , A. H. (2020). Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kabupaten dan Kota Tangerang. Pendidikan Anak Usia Dini, Prestasi Belajar, 113.
Marsitoh. (2020). Hakikat Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
M, H. N. (2019). Pemberian Motivasi Beelajar Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Mujahidin. Pemberian Motivasi Belajar Anak Usia Diini, 2.
M. Jamil, I. ,. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Pendidian, Vol. I, 1-2.
M.M, A. D. (122). Tinjauan Kompensasi Warna Ruang Kelas Terhadap Minat Belajar Anak. Himpauan Desainer Interior Indonesia, 2020.
M.Pd, D. M. (2017). Hakikat Pendidikan dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Strategi Pembelajaran TK, 2.
Machali and Hamid. (2017). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan. Manajemen Pendidikan , 3.
Nikolaus, D. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama
Nisa, K., & Sujarwo. (2021). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 231.
Nurulqibtiyah. (2018). Etika dan Moral Pendidikan . Kanwil Kemenag Kalbar, 4-5.
Putriyanti, V. D. (2017). Penerapan Kedisiplinan Karyawan dan Budaya Organisasi Guna Meningkatkan Produktivitas Karyawan UD Feronoca Ngunut Tulungagung. Sarjana STIE Kesuma Negara Blitar, 102.
Ramadan, G. (2017). Pengaruh Motode Pembelajaran dan Motivasi Belajar. Hubungan Antara Metode Belajar, 73.
Risma, W. d. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Bening, Jurnal BENING , 89.
Rosma Elly. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa . Pesona Dasar, 43-53.
Sriwahyuni, E., & Nofialdi. (2016). Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal , 49.
Sadirman, A. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung PT Alfabet
Sanjaya. (2020). Paradigma Baru Pembelajaran. Rawamangun Jakarta: 2020.
Saleh, A. R. (2021). Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Urgensi Pembelajaran Sains dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini, 47.
Samsidar, & dkk. (2020). Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Pemberian Tugas. Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah, 844-845.
Saripudin, A. (2017 ). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalisasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak , 1.
Setiarani, S., & Suchyadi, Y. (2018). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tuna Netra Berprestasi Usia Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 16.
Setiyo, A. (2020). Motivasi Meraih Prestasi. Academia.edu, 4.
Sitti, H. A. (2018). Metode Pembelajaran Black Knight. Ad'minisrare, 165-172.
Sjafri Mangkuprawira. (2018). Manajemen Sumber Daya Strategik. Jurnal Tarbiyatuna, 7.
Slameto, R. (2019). Hubungan Pemebrian Reward Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.
Sri Hartati, A. (2020). Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata di Taman Kanak-kanak Alwidjar Padang. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Padang, Volume 4, 612.
Titik , A. (2018). Pengaruh Peraturan Kelas Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School Ciracas Jakarta Timur. Peraturan kelas, Kedisiplinan, pendidikan anak usia dini., 109.
Trihayu. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberhasilan. Jurnal Pendidikan, 220.
Uce, L. (2017). The Golden Age. Masa Efektif Merancang Kualitas Anak , 77-92.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.