The Influence Of Word Of Mouth, Location And Price Perception On Purchasing Decisions (Survey Of Cilok Golden Tasikmalaya Consumers)
Kata Kunci:
Word Of Mouth, Location, Price Perception, Price And Purchasing DecisionsAbstrak
This research aims to determine the influence of word of mouth, location, and price perception on purchasing decisions in Cilok Golden Tasikmalaya. The method used in this research is descriptive analysis using a survey approach. With a research sample of 100 Cilok Golden Tasikmalaya consumers. The data collection used was a questionnaire. The analytical tool used in this research is multiple linear regression using SPSS 25.0. The results show that simultaneously the variables used in this research, namely word of mouth, location, and price perception, have a significant influence on purchasing decisions at Cilok Golden Tasikmalaya. Likewise, partially there is a significant influence of word of mouth on purchasing decisions at Cilok Golden Tasikmalaya, location also partially influences purchasing decisions at Cilok Golden Tasikmalaya, and partially there is a significant influence of price perception on purchasing decisions at Cilok Golden Tasikmalaya.
Referensi
Amalia, I. K., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rocket Chicken Cabang Kabupaten Kendal). Jesya, 6(1), 166–172. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.886
Arianto, A. (2023). Manajemen Pemasaran.
Bano, R., Elia, S., & Muinah, S. (2023). Strategi Pemasaran yang Unik : Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. 8(1), 206–211.
Ferdinan. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi ilmu manajemen (5th ed.). Universitas Diponorogo.
Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Universitas Diponorogo.
Ghazali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponorogo.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Herdiana, F., Fitriadi, B. W., & Arisman, A. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Cilok Goang Uruy Tasikmalaya. 2(1), 134–138.
Hidayah, D. A., & Suryawardana, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. 16(2), 61–79.
Husni, T. (2023). Manajemen, Pengertian Manajemen, Fungsi, dan Jenis Keilmuan yang Harus Kamu Tahu. https://ekonomi.bunghatta.ac.id/index.php/id/artikel/2244-manajemen-pengertian-manajemen-fungsi-dan-jenis-keilmuan-yang-harus-kamu-tahu
Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795
Kotler, & Amstrong. (2016a). Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 1 ed). Erlangga.
Kotler, & Amstrong. (2016b). prinsip prinsip pemasaran.
Kotler, Amstrong, & Opresnik. (2018). Principles Of Marketing (edisi 17).
Kotler, P., & Amstrong. (2016c). Prinsip-Prinsip Pemasaran (edisi 13). Erlangga.
Kotler, Philip, & Kevin, keller lane. (2016). Manajemen Pemasaran. In edisi 12 jilid 1&2.
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso.Id Di Marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753–765. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.398
Lionitan, W., & Firdausy, C. M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Word of Mouth dan Customer Satisfaction terhadap Purchase Intention Pelanggan Mixue di Cibubur. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(3), 805–813. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25450
Lupiyoadi. (2013a). Manajemen Pemasaran Jasa.
Lupiyoadi. (2013b). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi.
Lupiyoadi. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa.
Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek (Pertama).
Machfoedz. (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN.
Maharani, N. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 12(1), 59–75. https://elearning2.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3043
Muhammad, R., Jeni, K., & Mapparenta. (2021). Journal of Management Science (JMS). 2(1), 41–60.
Muhidin, Ali, S., & Abdurahman, M. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian Dilengkapi dengan Aplikasi Program SPSS. CV Pustaka Setia.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Ningsih, N., Hidayat, C. W., & Rusno. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Dan Social Media Terhadap Minat Beli Garskin Yang Dimediasi Word of Mouth. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.21067/jrmm.v6i1.4464
Nirwandani, & Yulinda. (2015). Kekhasan Dalam Perspektif Urip Tulung- Tinulung Harga Jual Budaya Blitar (Studi Fenomenologi Pada “Ud Wijaya Kusuma” PLosokerep-Kota Blitar.
Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 13–37.
Nurcahyo, B. H., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. 5, 1–16.
Pamungkas, B. (2023). Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya. BPS. https://tasikmalayakota.bps.go.id/indicator/12/28/1/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html
Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Setja.
Priyastama. (2017a). Buku Sakti Kuasai SPSS Pegolahan Data & Analisis Data. PT Anak Hebat Indonesia.
Priyastama. (2017b). Buku Sakti Kuasai SPSS Pengelahan Data & Analisis Data. PT Anak Hebat Indonesia.
Ratih, H. (2015). Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. alfabeta.
Real - Statistik. (2019). Kolomogorov Smirnov Test For Normality. http://www.real-statistics.com/tests-normality-and-symmetry/statistical-tests-normality-symmetry/kolmogorov-smirnov-test/
Schiffman, & Kanuk. (2015). Perilaku Konsumen (edisi 7).
Sihombing, R. E., Nugroho, S. D., & Toha, E. (2023). purposive sampling. 6(2016), 1215–1231.
Siregar. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. PT Raja Grafindo Persada.
Sudarmin. (2023). Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Pendahuluan Pada saat ini , globalisasi telah membawa perubahan di dunia yang semakin terindustrialisasi . Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan globalisasi yang terbuka bagi setiap pengusaha . Munculnya persa. 21(3), 723–729.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis (Cetakan 16). alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. alfabeta.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian dan Pengembangan (S. Yustiyani (ed.)). ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Dan Pengembangan. ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2017c). Metode Penelitian Dan Pengembangan (M. S. Sofia Yustiyani Suryandani, S.E. (ed.)). ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2017d). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Sofia Yusliyani (Ed.)). ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2017e). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Sofia Yustiyani (Ed.)). ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2017f). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Sofia Yustianti (Ed.); P. 354). ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. alfabeta.
Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. alfabeta.
Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. alfabeta.
Sunyoto, & Danang. (2013). Perilaku Konsumen. Center of Academic Publishing Service (APS).
Suryani. (2013). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (edisi 4). Andi.
Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi (edisi 1). Andi Offset.
Tjitono, F., & Anastasia, D. (2020). Pemasaran. Andi.
Wijaya, T. A., & Budiani, M. S. (2022). Hubungan Antara Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Daerah Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 79–99.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.