Pemanfaatan Event Car Free Day (CFD) Dan Peningkatan Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Perekonomian UMKM Lokal Di Banyuwangi

Penulis

  • Desi Jumatul Laili Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Nur Kholisah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Achmad Syarif Akbar Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.62820/trt.v8i2.187

Kata Kunci:

Car Free Day, Product Quality, Local Economy, MSMEs Banyuwangi

Abstrak

This study aims to analyze the utilization of the Car Free Day (CFD) event and product quality improvement in enhancing the local MSME economy in Banyuwangi. The research employs a descriptive qualitative approach using data collection methods including interviews, observations, and documentation involving MSME actors, event organizers, and visitors at the CFD event on Ahmad Yani Street, Banyuwangi. The findings indicate that CFD serves as an effective direct marketing platform, reflected in increased sales, expanded customer networks, and strengthened MSME branding. However, income growth tends to be fluctuative and depends on visitor volume and product attractiveness. Improvements in product quality particularly in taste, hygiene, consistency, and packaging significantly enhance customer satisfaction and encourage repeat purchases. Therefore, the effective utilization of CFD, supported by continuous product quality improvement, contributes positively to the sustainable economic growth of local MSMEs in Banyuwangi.

Referensi

Abdul Fattah Nasution. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (A. F. Nasution, Ed.).

banyuwangikab.co.id. (2025). Mulai 13 Juli, Pemkab Banyuwangi Kembali Gelar Car Free Day di Jalan A. Yani | Berita Banyuwangi. https://banyuwangikab.go.id/berita/mulai-13 juli-pemkab-banyuwangi-kembali-gelar-car-free-day-di-jalan-a-yani

BeritaBWI. (2025). Pariwisata dan UMKM Menggeliat, BPS: Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi Lampaui Jatim dan Nasional | Berita Banyuwangi. https://banyuwangikab.go.id/berita/pariwisata-dan-umkm-menggeliat-bps-pertumbuhan ekonomi-banyuwangi-lampaui-jatim-dan-nasional

Faiz, M. R., Sujito, S., Sholihul Hadi, M., Zainul Falah, M., Bharotoyakti, A., & Putri Lestari, D. (2022). Peningkatan Kualitas Produk Dengan Mesin Pengemas Otomatis Pada UMKM Syarimpon Di Masa Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SINAPMAS) 2022.

Fitriyani, I., Rachman, R., & Kurniawansyah, K. (2024). Peran Komunikasi Pemasaran dan Manajemen Strategi Sebagai Bentuk Pemulihan Ekonomi UMKM Pada Event Car Free Day Samota. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2726–2731. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3340

Ilmi, R., Agustina, T., Ardiyansyah, A., & Hidayati, S. N. (2024). Peran UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Sumbawa. JOURNAL OF FINANCE, BUSINESS AND ECONOMICS, 2(2), 34–42. http://journal.unu-jogja.ac.id/

Maghviroh, R. El, & Supriyati, S. (2016). Pameran dan Kinerja UMKM: Sebuah Evaluasi Berkelanjutan. Journal of Research and Applications: Accounting and Management, 1(3), 211. https://doi.org/10.18382/jraam.v1i3.54

Gipari N, Deswita D, Fauzi M, & Baihakhi M. (2024). Strategi Pengembangan Kualitas UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dusun IV Desa Wargaluyu Kabupaten Bandung. Community Empowerment : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 45–54. https://doi.org/10.15575/commen.v1i2.641

Noviyanti, N. (2017). Mengukur Kesuksesan Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual (Saiba) Menggunakan Model Delone & McLEAN. Jurnal Tata Kelola Dan Akuntabilitas Keuangan Negara, 151–173. https://doi.org/10.28986/jtaken.v2i2.62

Nurdin, F., Al Fajri, R., Dava, N., Hidayat, S., Qonitatin, R., & Dwiguna, R. (2024). Implementasi Dampak Kegiatan Bazar Sebagai Upaya dalam Mengoptimalkan UMKM di RW 03 Desa Sukatani, Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 06.

Rizal, M. H., & Sahri, M. Z. (2024). Peran Car Free Day sebagai Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Mojokerto. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.52620/jeis.v4i1.62

Roidah, L. (2018). Meningkatkan Kualitas Produk Sebagai Strategi Fundamental dalam Bersaing. Management and Business, 1(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Sutoni, A., & Randany, M. R. (2021). Pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kualitas Produk di Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur. IKRAITH-ABDIMAS, 4. https://www.kompas.com/skola/read/201

Tribun Jatim. (2025, November). Berkat Pariwisata dan UMKM, Data BPS: Ekonomi Banyuwangi Tumbuh Lampaui Jawa Timur dan Nasional - tribunjatim-timur.com. https://jatim-timur.tribunnews.com/banyuwangi/32409/berkat-pariwisata-dan-umkm data-bps-ekonomi-banyuwangi-tumbuh-lampaui-jawa-timur-dan-nasional

Umma, Z. N. (2022). Analisis Pengaruh Aksesibilitas Permodalan, Peningkatan Kualitas Produk dan Peningkatan Kualitas SDM terhadap Pendapatan UMKM di Sidoarjo. Bharanomics, 3(1). https://doi.org/10.46821/bharanomics.v3i1.329

WartaJatim.co.id. (2025). Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi Tembus 5,85 Persen, Lampaui Rata-Rata Jawa Timur dan Nasional Berkat Pariwisata dan UMKM - Wartajatim.co.id. https://www.wartajatim.co.id/jawa-timur/1931588599/pertumbuhan-ekonomi banyuwangi-tembus-585-persen-lampaui-rata-rata-jawa-timur-dan-nasional-berkat pariwisata-dan-umkm?page=1&utm_source=chatgpt.com Yoewawinata, J. R., &

Auliya, A. (2025). Analisis Dampak Pelaksanaan Event Dalam Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan Pelaku Umkm Di Kota Bandung (Studi Kasus Event Bazar 101 Project).

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2025

Cara Mengutip

(1)
Laili, D. J. . .; Kholisah , N. . .; Akbar , A. S. . . Pemanfaatan Event Car Free Day (CFD) Dan Peningkatan Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Perekonomian UMKM Lokal Di Banyuwangi. TJEM 2025, 8, 109-118.