Dosen Adalah Penegak Masalah Etika Profesi
DOI:
https://doi.org/10.62820/trt.v5i1.47Kata Kunci:
Pendidikan Tinggi, Dosen, Mahasiswa, Etika, Etika DosenAbstrak
Pendidikan tinggi adalah suatu jenjang pendidikan paling tinggi yang mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tinggi yang bersifat akademik dan atau profesional sehingga dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam rangka pembangunan nasional dan meningkatkan kesejahteraan manusia. Sudah barang tentu bahwa pendidikan tinggi juga tidak terlepas dari penerapan masalah etika. Terlebih lagi fokus perhatian pada etika dosen. Dengan mengetahui dan menerapkan etika dosen yang pas, maka relasi dengan mahasiswa pun terjalin dengan sangat baik.
Referensi
Arum Ardianingsih, Siti Yunitarini, Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 10. Nomor 01. Maret 2012
Bambang & Melia, Etika Bisnis dan tanggungjawab sosial perusahaan di Indonesia, Rekayasa Sains, 2007
Frans magnis Suseno, Etika Dasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral , Yogyakarta, Kanisius 1987)
Frans Magnis Suseno, Etika Umum , Yogyakarta, Kanisius 1979
K. Bertens, Pengantar Etika Bisnis, Seri Filsafat Atmajaya, Kanisius: Yogyakarta, 2000.
Riska Hanifah, Perbanas Institute, Sarana Tukar-Menukar Informasi Dan Pemikiran Dosen, 12 Oktober 2016
Yosephus Sinuor L., Etika Bisnis, Pendekatan Filsafat Moral Terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer, Yayasan Pustakan Obor Indonesia, Jakarta, 2010.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 TRACTARE
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.