Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Hypermart Nagoya Hill Batam

Penulis

  • Magneta Hisyam Universitas Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.62820/trt.v5i2.68

Kata Kunci:

Produk, Harga, Promosi, Tempat dan Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh produk, harga,promosi, dan tempat terhadap keputusan pembelian konsumen pada  Hypermart Nagoya Hill Batam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survey. Untuk membuktikan pengaruh Bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen Hypermart Nagoya Hill Batam, maka penulis mengumpulkandata dengan cara penyebaran kuesioner yaitu sebanyak 100 responden sebagai sampel yang diambil dari seluruh konsumen Hypermart Nagoya Hill Batam. Data yang terkumpul melalui kuesioner diolah menggunakan aplikasi program SPSS.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil Uji F (Simultan) menunjukan variabel produk, harga, promosi, dan tempat secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Hypermart Nagoya Hill Batam.

Hasil analisis regresi secara parsial (Uji T) menunjukkan bahwa variabel produk  mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel harga tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; bahwa variabel promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; dan variabel tempat mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen berbelanja di Hypermart Nagoya Hill Batam

Referensi

Alma. Buchari.2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Alfabeta. Bandung.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Principles of Marketing. Diterjemahkan oleh Damos Sihombing M.B.A, Edisi 8, Jilid 1.Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Marketing. Terjemahan: Herujati. Jilid 1. Cetakan Kesepuluh. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lusiati.2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas.Lembaga Amil Zakat Dana Sosial Nurul Islam (Laz Dsni) Amanah.Batam.

Lovelock, Christoper dan Lauren Wright. 2002. Principle of Service Marketing and Management (on-line) Http:www.google.com/ Kualitas Pelayanan Pemasaran Jasa, diakses 2 Desember 2011

Mowen, John.C dan Michael Minor. 2002. Consumer Behaviour. Diterjemahkan oleh Lina Salim, Edisi 5.Erlangga. Jakarta.

Rangkuti, Fredy, 2002, Create Effective Marketing Plan, Teknik Membuat Rencana Pemasaran Berdasarkan Nilai Konsumen dan Analisis Kasus, P.T. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sekaran, Uma. 2003. Research Methods for Bussinesss. (on-line) Http:www.wordpress.com/ Pengertian Riset Bisnis Pemasaran Jasa, diakses 5 Januari 2012

Sugiyono. 2008.Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

05-01-2023

Cara Mengutip

(1)
Hisyam, M. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Hypermart Nagoya Hill Batam. TJEM 2023, 5, 154-164.