Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt Batam Trans
DOI:
https://doi.org/10.62820/trt.v5i2.69Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Loyalitas PelangganAbstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Batam Trans. Sampel penelitian ini adalah pelanggan PT Batam Trans yang berjumlah 111 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji T, uji F, dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terjadi pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan di buktikan dengan thitung 0,321 <ttabel 1,980 dengan tingkat signifikansi 0,113>0,05, tidak terjadi pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel harga dan loyalitas pelanggan dibuktikan dengan thitung 0,404<ttabel 1,980 dengan tingkat signifikansi hasil sebesar 0,035< 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi dan loyalitas pelanggan di buktikan dengan thitung thitung 11,054>ttabel 1,980 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,032<0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, harga, promosi terhadap loyalitas pelanggan di buktikan dengan Fhitung138,609>2,99 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05. Selanjutnya nilai Adjusted R Square yang diperoleh adalah 0,795 menunjukan sekitar 79,50% pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan
Referensi
Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif. 1st ed. batam: CV BUDI UTAMA.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (1st&2nd ed., p. 130). PT. Indeks.
T, Wijayawanti. 2017. Marketing Plan! Dalam Bisnis. Cibubur: PT Elex media komputindo.
Tjiptono, F. 2019. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andy.
Arif muhamad.2017 “pengaruh kualitas pelayananan terhadap loyalitas pelanggan.” Jurnal manajemen bisnis Untar 3 (6):56
Cardia, Daniel I Nyoman Renatha, I Wayan Santika, and Ni Nyoman Rsi Respati. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8(11): 6762.
Gerung ahmad, Dkk. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Duta Bangunan.” : 221.
Handayani (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Juniantara, I Made Adi, and Tjokorda Gde Raka Sukawati. 2018. “Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7(11): 5955.
Khoirulloh. 2018. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Mediasi Kepuasan Pelanggan.” : 22. . Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 1(2), 399–415.
Maskur, Muhammad, Nurul Qomariah, and Nursaidah. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bengkel Mobil Larasati Lumajang).” Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia VI(2): 212–21. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/361.
Merangin, D I Disbudpar et al. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Gojek Indonesia.” 2016. https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00539%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.foreco.2018.06.029%0Ahttp://www.cpsg.org/sites/cbsg.org/files/documents/Sunda Pangolin National Conservation Strategy and Action Plan %28LoRes%29.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.forec.
Simamora (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap loyallitas pelanggan Di Tokopedia.Com. Agora, 5(1), 1–12. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/86/49
Sudarso (2018). Pengaruh Promosi dan Produk Terhadap Minat Beli (Pada PT. Asuransi Jiwa Recapital di Jakarta). Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 1(2), 57.
Suwithi, Anwar "Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop di Mall Kota Kasablangka". Majalah Ilmiah Panorama Nusantara, 15(1), 1–9.
Panggabean, Amestia Prasinata. 2017. “Kualitas Interaksi Sosial Antara Penjual Dan Pembeli Di Taman Pintar Book Store Yogyakarta Amestia Prasinata Panggabean.” Jurnal Ilmiah Psikologi 2(2): 106–18.
Ricky, Dkk. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Gunung Mas.” 11. jurnal manajemen sdm
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 TRACTARE
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.