Strategi Komunikasi Pemasaran STIE Bentara Persada Dengan Metode SOSTAC Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa

Penulis

  • Laurensius Dihe Sanga

DOI:

https://doi.org/10.62820/trt.v6i1.83

Kata Kunci:

STIE BP, SOSTAC, Jumlah Mahasiswa

Abstrak

Menjamurnya perguruan tinggi swasta di kota Batam menantang masing-masing kampus untuk berjuang demi mendapatkan jumlah mahasiswa. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada (STIE BP) adalah salah satu perguruan tinggi yang berada di kota Batam. Realitas menunjukan bahwa kampus ini tergolong sudah lama berada di kota Batam, tapi boleh dikatakan kurang berkembang. Atas dasar itu, maka penulis membuat sebuah terobosan baru dibidang marketing. Ada pun jenis pemasaran yang ditawarkan adalah metode SOSTAC. Untuk mendapatkan datanya, penulis memakai  metode penelitian qualitatif. Hasil yang dicapai dari penelitian SOSTAC dapat disimpulkan bahwa situasi yang penuh dengan kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang harus terus digarap secara serius. Secara obyektif, kampus STIE BP merupakan sebuah perguruan tinggi yang bernaung di bawah Yayasan Katolik, maka dengan strategi yang bagus tujuan mudah untuk diraih.

Referensi

MUKHTAR YAHYA. “PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, SIKAP PADA IKLAN TV DAN BRAND IMAGE TERHADAP NIAT BELI ULANG (Studi Pada Konsumen Mie Instan Merek Indomie Di Kota Pontianak).” Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME) (2019).

Baru, Mahasiswa, and Jumad November. “Wawancara , Bpk . Silvester Kopong , Kepala Humas Dan Penerimaan,” no. November (2022): 2022.

Chaffey, David, and Danyl Bosomworth. “Digital Marketing Strategy Planning Template.” Smart Insights (2013)

Kopong, Bpk Silvester, and Jumat November. “Bpk. Silvester Kopong, Jumat 25 November 2022,” no. November (2022): 2022

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. Manajemen Pemasaran (Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran). Edisi Millenium, Jilid 1, 2012

Lupiyoadi, Rambat. “Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi Edisi 3.” Penerbit Salemba (2013)

Melo, Amanda Caroline Mantovani. “Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Tsiotsou,.” Journal of Chemical Information and Modeling (2013)

Morissan M.A. “Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu.” Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing (2010)

Prisgunanto, Ilham. “Pengaruh Sosial Media Terhadap Tingkat Kepercayaan Bergaul Siswa the Effect of Social Media on Confidence Level.” Stik (2015)

“Pengaruh Tingkat Kepercayaan Berkomunikasi Di Jejaring Sosial Internet (Social Media) Terhadap Perilaku Beli Mahasiswa.” Jurnal ULTIMA Comm (2012)

Sari, Wina Puspita, and Asep Sugiarto. “KUALITAS KE PROFESSIONAL-AN PROFESI BIDANG KOMUNIKASI (Study Deskriptif Tanggapan User Terhadap Alumni Program Studi D3 Humas Universitas Negeri Jakarta).” Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi (2018)

Simamora, Dr. Bilson. “Ruang Lingkup Pemasaran Strategik.” Manajemen Pemasaran (2017)

Strategi, Tentang Pelaksanaan, Jumad November, Bpk Silvester, and Kepala Humas. “Bpk . Silvester Kopong

Yosep, Mohamad Arfiman, Yoyo Sudaryo, Astrin Kusumawardan, and Nandan Limakrisna. “IMPLEMENTATION OF DIGITAL MARKETING TO INCREASE SATISFACTION AND IMPACT ON THE IMAGE OF BANKING PT BANK CENTRAL ASIA TBK.” Journal of Accounting and Finance Management (2020)

Ulfa, Ruzqiyah, and Rustono Farady Marta. “IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA YAYASAN NURUL IBAD JAKARTA TIMUR.” Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi (2017)

Sutikno, Soby. “Pengantar Teori Dan Manajemen Komunikasi.” Kepemimpinan dalam Organisasi (2014)

Yayasan STIE BENTARA PERSADA, Sejarah Berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada, Batam, 2003.,” no. September 2000 (2003): 2003

Unduhan

Diterbitkan

22-05-2023

Cara Mengutip

(1)
Sanga, L. D. Strategi Komunikasi Pemasaran STIE Bentara Persada Dengan Metode SOSTAC Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa. TJEM 2023, 6, 37-46.