Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV Kusuma Putra Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.62820/trt.v6i1.84Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan PelangganAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan CV Kusuma Putra di Kota Batam. Tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui fakor dominan yang mempengaruhi kualitas pelayanan. Untuk menjawab tujuan penelitian ini, maka pernyataan hipotesis awal adalah kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan CV Kusuma Putra. Populasi dari penelitian ini berjumlah 50 pelanggan, dalam penelitian ini tidak menggunakan teknik pengambilan sampel tertentu karena jumlah populasi yang terbatas, maka dari itu seluruh anggota populasi dijadikan sampel, yang berjumlah 50 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui pendekatan survei. Data dikumpulkan dalam bentuk kuesioner berupa butir pernyataan yang disusun dalam bentuk skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian yang menggunakan metode analisis kuantitatif memberikan kesimpulan bahwa dalam uji sendiri-sendiri variabel bebas kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, variabel bebas harga memilki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Melalui uji F diketahui bahwa secara bersama-sama kualitas pelayanan dan harga memiki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Angka R2 sebesar 0,389 menunjukkan bahwa 38,9 % variasi kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel bebas dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 61,1 % dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Referensi
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS (W. Imaniar ed; 1st ed).
Enny, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: UBHARA Manajemen Press.
Galista, H. (2022). Pengaruh Penilaian Kinerja, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi, Kepuasan Kinerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Di Cabang Batam. Skrpsi, Universitas Internasional Batam.
Caesariana, C., Juliansyah, F. & Fitriyani, R. (2021). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS). 1 (3) : 211 - 224
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB). 4 (1) : 37-44
Pratama, H.E dan Sulistiani, H. (2019). Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan Customer Satisfaction Index Pada Penjualan Parfume (Study Kasus: Parfume Corner Bdl). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI). 2 (4) : 29-36
Sari, R.S dan Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (JIMEA). 3 (5) : 1171 – 1184
Susanti, R. , Tonich & Alexandro, R. (2019). Kualitas Pelayanan Jasa Pada Usaha Laundry Ririn Di Jalan G. Obos Xii Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS). 2 (11) : 244-251
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 TRACTARE
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.