Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Wali Siswa Pada Homeschooling Bina Mandiri Di Kota Batam

Penulis

  • Feliks Dabur
  • Asner Sihaloho

DOI:

https://doi.org/10.62820/trt.v6i1.85

Kata Kunci:

Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas wali siswa pada Homeschooling Bina Mandiri di Kota Batam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dari 137 wali siswa yang dipilih secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel random sederhana. Metode analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Normalitas, Multikolinearitas, dan Analisa Regresi Berganda.

Korelasi Antara harga, promosi dan kualitas pelayanan memiliki hubungan yang cukup kuat yaitu sebesar 46,40%. Pembuktian hipotesis memperoleh hasil uji t terhadap variabel harga dengan thitung -1,875 < ttabel 1,984, variabel promosi dengan thitung 3,212 > ttabel 1,984, dan variable kualitas pelayanan thitung 7,139 > ttabel 1,984 Berdasarkan Uji F diperoleh hasil Fhitung 29,568 > Ftabel (3,090).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh negatif terhadap loyalitas wali siswa, promosi berpengaruh positif terhadap loyalitas wali siswa, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas wali siswa. Harga, promosi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wali siswa Homeschooling Bina Mandiri di Kota Batam.

Referensi

Abdullah, T. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Algifari. Statistika Deskriptif Plus. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2010.

Arief, M. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Jakarta: Bayu Media Publishing, 2006.

Kuncoro, M. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP AMP YKNP, 2011.

Limakrisna, H. Nandan., & Susilo, Wilhelmus H. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.

Supranto, J., & Limakrisna, H. Nandan. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi Kedua; Jakarta: Mitra Wacana Media, 2011.

Sangadji, E. Mamang., & Sopiah. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Santoso, S. Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Gramedia, 2010.

Siregar, S. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Tjiptono, F. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Waskita, Alif Indra & Yuniati, T. Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap loyalitas konsumen PT Roda Express Sukses Mandiri, Jurnal Ilmu Riset Manajemen: Volume 5, Nomor 9, September 2016

Chaeria, Ella Siti. Pengaruh harga, citra merek, dan kualitas produk terhadap loyalitas pengguna Smartphone Samsung (studi pada Mahasiswa Magister Manajemen UNKRIS), Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 4, No. 3, September 2016.

Putra, Febri T. B., & Raharja, E. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dibengkel Mobil Rapiglass Autocare Semarang. Diponegoro Journal Of Management, Volume 1, No.1 Tahun 2012.

Setiawan, H., dkk. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening (studi kasus pada nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyah), Journal of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.

Maskur, M., dkk. Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasusu pada Bengkel Mobil Larasati Lumajang), Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia, Volume VI, No.2, Desember 2016.

Unduhan

Diterbitkan

22-05-2023

Cara Mengutip

(1)
Dabur, F.; Sihaloho, A. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Wali Siswa Pada Homeschooling Bina Mandiri Di Kota Batam. TJEM 2023, 6, 59-68.