Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Silvester Kopong
  • Bernardus Somi Balun

DOI:

https://doi.org/10.62820/trt.v6i1.86

Kata Kunci:

Kinerja Keuangan, Early Warning System

Abstrak

Penelitian ini   bertujuan   untuk   mengetahui   kinerja   keuangan   pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016-2020 dengan menggunakan rasio Early Warning System. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Adapun rasio yang digunakan dalam penelitian ini meliputi rasio tingkat kecukupan dana, rasio beban klaim, rasio likuidatas dan rasio retensi sendiri. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa kinerja keuangan pada perusahaan asuransi yang dilihat dari rasio tingkat kecukupan dana, rasio beban kalim dan rasio likuiditas dikategorikan baik, sedangkan dilihat dari rasio retensi sendiri dalam kondisi yang tidak baik karena 3 perusahaan mengalami nilai rendah dari nilai yang ditetapkan NAIC (National Association of Insurance Commisioners).

Referensi

Agustin, Hamdi, 2014, Manajemen Keuangan, Penerbit UIR Press, Pekanbaru Agus Harjito dan Martono, Manajemen Keuangan. Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta, 2011.

Fahmi, Irham. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS

Badan Penerbit Universitas Diponegoro; Semarang

Hansen dan Mowen. (2005). “Management Accounting Buku 2 Edisi ke 7”. Jakarta: Salemba Empat.

Julius R. Latumaerissa (2011). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir, (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kasmir . 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

M, Nur Rianto, 2012, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga

Siregar, Syofian. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manuan dan Aplikasi SPSS Versi 17, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

S. Munawir 2007. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Empat. Liberty. Yogyakarta.

S. Munawir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty. Tjahjadi. Bambang. 2011. Hubungan Sistem Manajemen Risiko Dengan

Ketidakpastian Lingkungan dan Strategi Serta Dampak Terhadap Kinerja Organisasi. Majalah Ekonomi, XXI (2).

Peraturan perundang-undang Bank Indonesia. 2006. Peraturan Bank Indonesia No.8/20/PBI/2006 tanggal 5 Oktober 2006 tentang Transparansi Kondisi Keuangan Bank Perkreditan Rakyat.

Otoritas Jasa Keuangan. 2016. Salinan peraturan Otoritas Jasa Keuangan N0. 18/PJOK.03/ 2016 Tentang Penerapan Manajemen Risiko Bagi Bank Umum Jakarta.

M. N. Arif dan M. Karmila, Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Early Warning system pada PT. Asuransi Bumu Jaya 1967, Jurnal AKUNIDA.

Mutia Krismawati dan Nurdin, pengaruh Financial Early Warning System terhadap harga saham pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung.

Hizrina Awaliyah dan Benny Barnas, Perbandingan kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Syartiah Berdasarkan Early Warning System dan Risk Based Capital pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk Sebelum dan Sesudah Go Publik, Journal of Applied Islamic Economi And Finance.

Tita Detiana, Pengaruh Financial Early Warning System Terhadap Perubahan Harga Saham pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Bisnis dan Akuntansi

Unduhan

Diterbitkan

22-05-2023

Cara Mengutip

(1)
Kopong, S.; Balun, B. . S. Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. TJEM 2023, 6, 69-80.