Pengaruh Upah, Insentif Dan Tunjangan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bina Kreatif Swakarsa Di Kota Batam

Penulis

  • Brigida Endah Nuraeni
  • Edi Sumarya

DOI:

https://doi.org/10.62820/trt.v6i1.87

Kata Kunci:

Upah, Insentif, Tunjangan, Kinerja Karyawan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh upah terhadap kinerja karyawan; 2) pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan; 3) pengaruh tunjangan terhadap kinerja karyawan,4) pengaruh mana yang lebih dominan antara upah, insentif dan tunjangan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji f, serta uji R2 Pupulasi dari penelitian ini yaitu karyawan yang berjumlah 55 orang. Dalam penelitian ini tidak menggunakan teknik pengambilan sampel tertentu karena jumlah populasi yang terbatas, maka dari itu sampel yang diambil yaitu berjumlah 55 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui pendekatan survei. Data dikumpulkan dalam bentuk kuesuioner berupa item-item pernyataan yang disusun dalam bentuk skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian yang menggunakan metode analisis kuantitatif memberikan kesimpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel bebas upah, insentif, tunjangan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil persamaan regresi diketahui bahwa ketiga variabel bebas mempunyai hubungan yang searah dengan variabel terikat. Artinya jika variabel-variabel bebas tersebut ditingkatkan, maka kinerja karyawan juga akan meningkat.

Referensi

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitaif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Anlisis Data dengan SPSS. Batam: Deepublish (CV Budi Utama)

Fahmi, Irham. 2018. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Cetakan kedua. Bandung: Penerbit Alfabeta

Gunadi, F. (2021). Upah Proses Dalam Pemutusan Hubungan Kerja. Jurnal Hukum & Pembangunan, 50 (4), 858 Pasal 1 angka 1 Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan

Hery. 2019. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT Grasindo

Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sri, Larasati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama.. Cetakan Pertama. CV.Budi Utama: Yogyakarta

Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

R. Supomo dan Eti Nurhayati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yrama Widya, Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

22-05-2023

Cara Mengutip

(1)
Nuraeni, B. E.; Sumarya, E. Pengaruh Upah, Insentif Dan Tunjangan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bina Kreatif Swakarsa Di Kota Batam. TJEM 2023, 6, 80-92.