Pengaruh Brand Image, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah di PT KCP Bank Mandiri Tbk. Sentosa Perdana Kota batam
DOI:
https://doi.org/10.62820/trt.v6i2.98Kata Kunci:
brand image, kualitas layanan, kepercayaan dan, Loyalitas NasabahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image, Kualitas Layanan, Kepercayaan Berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah di PT KCP Bank Mandiri Tbk. Sentosa Perdana Kota Batam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 14.444 dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan pengambil rumus Slovin dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menemukan bahwa model regresi linear berganda yaitu Y= -0,960 + 0,001X1 + 0,463X2 + 0,478X3 + e. thitung sebesar 0,004 < ttabel 1,661 dengan signifikansi 0,545 > 0,05, maka brand image tidak berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. thitung sebesar 3,928 > ttabel 1,661 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka kualitas layanan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, maka kepercayaan adalah sebesar 3,974 dengan tingakat signifikansi 0,000 < ( 0,05) dan thitung 3,974 > 1,661 maka Ha diterima H0 ditolak. Artinya dapat disimpulkan bahwa secara persial kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari uji F menunjukkan bahwa nilai fhitung untuk brand image, kualitas layanan, kepercayaan adalah sebesar 168,234 > ftabel 2,71 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel brand image, kualitas layanan, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di PT KCP Bank Mandiri Tbk. Sentosa Perdana Kota Batam.
Referensi
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: beberapa konsep dasar utuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Deepublish.
Taufiq Amir, M. (2016). Manajemen Strategik (M. Taufiq Amir (ed.); ed. 1 cet.) https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/211771/manajemen-strategik-konsepdan-aplikasi.
Haryanto, A. T., & Dewi, S. N. (2020). Strategi Pengembangan Digital Marketing, Orientasi Ekuitas Merk, Marketing Intermediaris dan Kinerja Pemasaran di Perbankkan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 163. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1065
Scorita, K. B., & Nurmahadi, A. (2018). Kualitas Layanan Dan Citra Merek Berpengaruh Pada Kepuasan Nasabah Serta Berdampak Terhadap Loyalitas. Jurnal Administrasi Kantor, 6(2).
Wemben, F. V, Mananeke, L., & Roring, F. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pegadaian Upc Tanjung Batu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4).
Desftitriad dan Regina Yualiana Sirait. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BRI Simpedes di PT Bank Rakyat Indonesia (persero)TBKKantorCabang(Kanca)Cimahi.JurnalIndonesiaMembangun,17(2),https://jurnal.inaba.ac.id/index.php/JIM/article/view/115/109
Massora, A., & Widyanti, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Thamrin Jakarta. Jurnal Manajemen FE-UB, 9(1),www.syariahmandiri.co.id
Dewi, ni made handika, & abiyoga VS, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. JurnalManajemen,KewirausahaandanPariwisata,2(2)http://repository.untagsby.ac.id/id/eprint/15267%0Ahttp://repository.untag-sby.ac.id/15267/3/Bab Ii.Pdf
Arif, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TRACTARE
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.